Tentang Sekolah Akhlak

Perkembangan Zaman di era digital ini semakin pesat, banyak tantangan yang dihadapi oleh kita sebagai pendidik dan orang tua. Perubahan yang begitu pesat dan masuknya arus Globalilasi dalam dunia pendidikan berdampak pada perkembangan peserta didik baik yang bersifat positif maupun bersifat negatif.

        Di zaman era digital saat ini anak-anak kita telah kehilangan keteladanan, baik dari orang tuanya sendiri, gurunya, para tokoh dan para pemimpin negeri. Hampir setiap hari kita disungguhkan oleh berita-berita yang sangat miris mulai dari kasus korupsi, kasus asusila, kriminalitas, tawuran dan sikap-sikap amoral yang lainnya.

        Sekolah Akhlak SD Muhammadiyah 03 Cileungsi, lahir ditengah-tengah masyarakat sebagai sebuah sekolah yang mampu menawarkan solusi untuk mengatasi berbagai persoalatan umat. Sekolah Akhlak adalah sekolah yang berupaya tidak hanyak membangun peserta didik yang berakhlak tapi juga membangun guru dan orang tua yang berakhlak.

        Dari sekolah akhlak inilah besar harapan kami akan tumbuh generasi baru yang meningspirasi tentang keteladahan sesuai dengan motto kami yaitu “Mendidik dengan Keteladanan”.

                Sekolah Akhlak SD Muhammadiyah 03 Cileungsi, sesungguhnya merupakan wujud dari implementasi pengalaman Contoh atau keteladanan dari Nabi Muhammad SAW dengan sumbernya yaitu Al-Qur’an. Sekolah Akhlak juga berupaya mewujudkan cita-cita pemerintah yang sesuai yang tercantum dalam UUD. Dalam UUD 1945 Pasal 31 ayat (1) yang menyebutkan bahwa setiap warga Negara berhak mendapatkan pengajaran, sedangkan ayat (3)-nya menyatakan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor. 20 tahun 2003, pasal 3 tentang fungsi dan tujuan pendidikan nasional juga disebutkan bahwa “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa, berakhlak mulia sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab ”.

        Oleh sebab itu tentu apa yang kami lakukan merupakan bagian dari uapaya kami dalam rangka partisipasi membangun pendidikan indonesia menjadi lebih berkualitas.

          Selanjutnya untuk mewjudkan cita-cita kami dalam mengimplementasikan amanat pemerintah tersebut serta mendikdik peserta didik untuk mengamalkan kehidupan Islami (sesuai Al-Qur’an dan Ass-Sunah)

187 total views, 0 views today

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*